ANALISIS SWOT

Assalamualaikum wr.wb

   Bertemu lagi dengan blog saya sederhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang akan membahas tentang analisis SWOT.


A.Pengertian
   Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats).

B.Latar Belakang

   Analisis SWOT adalah instrumen perencanaan strategis yang klasik. Dengan menggunakan kerangka kerja kekuatan dan kelemahan dan kesempatan eksternal dan ancaman, instrumen ini memberikan cara sederhana untuk memperkirakan cara sederhana untuk memperkirakan cara terbaik untuk melaksanakan sebuah strategi.

C.Tujuan

   Setelah membaca artikel ini, kita semua diharapkan mampu mengerti dan memahami sebenarnya apa itu analisis SWOT.

D.Pembahasan

Analisis Segitiga

   Analisis Segitiga adalah sebuah teknik untuk melakukan analisa dan mencari jawaban sebuat masalah, yang distruktur seputar struktur, isi dan budaya dalam sistem kebijakan. Pertama, ia dapat digunakan untuik menganalisis bagaimana suatu kombinasi kebijakan, kelembagaan dan nilai-nilai social dan perilaku berkontribusi terhadap atau menyebabkan timbulkan masalah (atau isu) terus - menerus. Kedua, kerangka kerja ini dapat digunakan untuk memetakan dan menjelaskan pilihan-pilihan strategi untuk menjawab ketiga dimensi itu.

   Isi berkenaan dengan hukum tertulis, kebijakan dan anggaranyang relevan dengan isu spesifik. Misalnya, bila tak ada undang2 untuk kekrasan
rumah tangga, salah satu bagian dari solusi adalah dengan cara mengesahkan undang- undang.
   Struktur berkenaan dengan mekanisme negara atau mekanisme non-negara untuk melaksanakan sebuah undang2 atau kebijakan. Ini termasuk,
misalnya, polisi, pengadilan, rumah sakit, serikat buruh, kementrian, dan program2 pertanian dan kesehatan.
   Budaya merujuk pada nilai-nilai dan perilaku yang membentuk bagaimana manusia menghadapi dan memahami suatu isu. Nilai-nilai dan perilaku dipengaruhi, antara lain, oleh agama, adat, kelas, gender, kesukuan dan usia.

   Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

E.Kesimpulan

    Analisis SWOT adalah instrumen perencanaan strategis yang klasik. Dengan menggunakan kerangka kerja kekuatan dan kelemahan dan kesempatan eksternal dan ancaman, instrumen ini memberikan cara sederhana untuk memperkirakan cara sederhana untuk memperkirakan cara terbaik untuk melaksanakan sebuah strategi.

F.Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT
staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/utami-dewi-mpp/analisis-swot.pdf

   Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "ANALISIS SWOT "

Post a Comment