WEB SERVER | PENGERTIAN APACHE,MYSQL,PHP,PHPMYADMIN


Assalamu’alikum Wr. Wb. 
ketemu lagi dengan saya kali ini saya akan membahas tentang paket Lamp



A.LATAR BELAKANG
          Suatu paket Lamp yaitu apache2, mysql, php, dan phpmyadmin meringnankan kita yaitu bagi seorang web developer atau orang yang suka pada bidang pemrograman dapat membantu dalam pembuatan web server dan pembuatan database.


B. MAKSUD DAN TUJUAN
          Untuk memudahkan dalam pembuatan atau membangun sebuah web server dan memahami dan mengetahui apa itu apache, mysql, php, phpmyadmin.

C. ALAT DAN BAHAN
         - Laptop
         - Akses internet
         - Charger laptop

D. WAKTU YANG DIBUTUHKAN
          Sekitar 3 jam



E. PEMBAHASAN

1. Apache2
          Apache merupakan server WEB yg dapat di jalankan yg dapat di jalankan oleh sistem operasi yg berbeda contohnya saja linux dan windows yg bertugas untuk melayani fasilitas WEB dengan menggunakan protocol http.
Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.
Dan cara kerja dari apache adalah WEB server apache akan bekerja saat pengguna mengetikan request pada protocol http:// untuk membuka suatu halaman . apache akan menjawab request yg ditanyakan dan kemudian akan menapilkan halaman yg di minta.






Karena berbagai keunggulan dan kelebihan yang dimiliki web server apache, server web ini menjadi sebuah web server yang paling populer dikalangan pengguna dengan berbagai kelebihan sebagai berikut :

   1. Open Source, Free software
   2. Apache dapat berjalan di beberapa sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft
        Windows dan Novell Netware serta platform lainnya).
   3. Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat
        dikonfigurasi, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung
        oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan
        penanganan server menjadi mudah.
   4. Fleksibel, mudah settingnya (fleksibilitas untuk di setting dengan PHP dan
        MySQL).
   5. Kehandalannnya telah teruji.



2. Mysql
          Mysql merupkan sebuah server database open source yang terkenal yang digunakan berbagai aplikasi terutama untuk server atau membuat WEB. Mysql berfungsi sebagai SQL (Structured Query Language) yang dimiliki sendiri dan sudah diperluas oleh Mysql umumnya digunakan bersamaan dengan PHP untuk membuat aplikasi server yang dinamis dan powerfull.


MySQL memiliki beberapa keistimewaan, antara lain :
- Portabilitas. MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dll.
- Perangkat lunak sumber terbuka. MySQL didistribusikan sebagai perangkat lunak sumber terbuka, dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara gratis.
- Multi-user. MySQL dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
-‘Performance tuning’, MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.


Hasil gambar untuk php
3. PHP
PHP merupakan singkatan dari ” Hypertext Preprocessor”, PHP adalah sebuah bahasa scripting atau sering disebut bahasa pemrograman yang terpasang pada HTML. Sebagian besar sintaksnya mirip dengan bahasa pemrograman  C, Java, asp dan Perl,  ditambah beberapa fungsi PHP yang spesifik dan mudah dimengerti.
Kegunaan dari PHP adalah untuk membuat tampilan web menjadi lebih dinamis, dengan php kita bisa menampilkan atau menjalankan beberapa file dalam 1 file dengan cara di include atau require.
Kelebihan dari php :
       - bisa membuat web menjadi dinamis
       - php bersifat open source yang berarti dapat digunakan oleh siapa
         saja secara gratis.
       - aplikasi php lebih cepat dibandingkan dengan ASP maupun java
       - mendukung banyak paket database seperti mysql, oracle,
         postgrsql, dll.

Kekurangan dari php :
        - php tidak mengenal package
        - jika tidak di encoding, maka kode php dibuat dibuat semua orang
          dan untuk meng
          encodingnya dibutuhkan tool dari zend yang mahal sekali
          biayanya.
        - php memiliki kelemahan keamanan, jadi programmer harus jeli
          an teliti serta
          berhati-hati dalam melakukan pemrograman dan konfigurasi
          php.




4. phpmyadmin
          Phpmyadmin adalah sebuah aplikasi open source yang berfungsi untuk memudahkan manajemen MySQL. Dengan menggunakan phpmyadmin, anda dapat membuat database, membuat tabel, menginsert, menghapus dan mengupdate data dengan GUI dan terasa lebih mudah, tanpa perlu mengetikkan perintah SQL secaramanual.
 
phpMyAdmin merupakan aplikasi web yang bersifat open source (sumber terbuka) sejak pertama dibuat dan dikembangkan. Dengan dukungan dari banyak developer dan translator, aplikasi web phpMyAdmin mengalami perkembangan yang cukup pesat dengan ketersediaan banyak pilihan bahasa. Sampai saat ini, ada kurang lebih 65 bahasa yang sudah didukung oleh aplikasi web phpMyAdmin.

G. KESIMPULAN
          Dengan adanya sebuah apache2, mysql, php, dan phpmyadmin dapat memudahkan dalam pembuatan atau membangun sebuah web server.


 H. REFERENSI
          http://comput-techno.blogspot.com
          https://rickychandra28.blogspot.com/2018/08/pengerian-dari-apache2-mysql-php-dan.html#more




Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


0 Response to "WEB SERVER | PENGERTIAN APACHE,MYSQL,PHP,PHPMYADMIN"

Post a Comment