LINUX | APA ITU LINUX ?

Image result for linux
Assalamualaikum wr.wb

saya disini akan membahas tentang pengertian, fungsi, kelebihan, kekurangan

A.Pengertian
   
    Apa itu Linux? Pasti banyak yang belum tau persis linux itu  os/software yang berbasis open source (gratis) dan dapat disebarluaskan dibawah oleh siapapun karena sudah diberi ijin dibawah lisensi GNU. Jadi maksudnya diberi ijin itu semua orang bisa menyebarluaskan ataupun mencopy tanpa harus membayar sepeserpun. Linux adalah  keturunan/turunan dari Unix dan dapat bekerja di macam” perangkat keras seperti inter x86 sampai dengan RISC. Dengan kode GNU (Gnu Not Unix) dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbenya (source code). Dan tidak  diberikan hak  untuk mencopy saja tetapi juga dapat mengubah kode sumbernya. Dan itu semua legal dibawah lisensi. Meskipun gratis, lisensi GNU memperoleh pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program.


B.Latar Belakang

     Agar dapat mengetahui apa itu linux dan tidak hanya menggunakan saja

C.Tujuan

     Dapat memahami apa itu sistem operasi linux

D.Pembahasan

     1.Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka (open source). Sehingga tidak perlu biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux, gratis.
     2.Linux mudah digunakan karena Distro linux sudah mendukung GUI ( graphic user interface) dan juga user friendly.
     3.Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux karena banyak komunitas-komunitas pengembangnya, semisal sourceforge.net. , atau bila terpaksa kita bisa menjalankan software untuk Windows di Linux dengan bantuan emulator seperti Wine sehingga file .exe dan .msi dapat dijalankan.
     4.Keamanan lebih tangguh, karena proteksi password yang kuat.
     5.Linux relatif stabil. Linux dapat di install di spek hardware yang rendah. Perangkat keras yang lama dapat dijalankan dengan baik di Linux.
     6.Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). Perangkat keras yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Linux. Selain itu, tidak pernah ditemui dokumen-dokumen yang lebih baru tidak dapat dibaca pada Linux versi yang lebih lama. Pada Windows, kita seakan dituntut untuk terus mengikuti perkembangan perangkat keras, seperti kasus file .docx (Word 2007-2010) yang tidak bisa dibuka dengan Microsoft Word 2003 atau versi dibawahnya.
     7.Dukungan komunitas yang beragam dan menyebar di seluruh dunia.
     8.Linux selain gratis untuk digunakan, gratis pula untuk dimodifikasi dan didistribusikan ulang. Bahkan kita dapat mengembangkan distro kita sendiri.
     9.Beragam pilihan. Hal ini bisa menjadi kelebihan maupun kekurangan. Banyak distro bermunculan, contoh yang populer seperti Ubuntu, Debian, RedHat, openSuSe, Fedora, Mandriva (Mandrake), dsb. Keanekaragaman ini memberi kita banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan masing-masing, namun di satu sisi hal ini juga akan membingungkan calon pengguna Linux. Lihat chart distribusi Linux dihttp://distrowatch.com untuk mengetahui rangking distro-distro Linux.
     10.Linux membutuhkan resource yang lebih kecil dari Windows, sehingga cocok untuk komputer dengan spesifikasi minimal. Selain itu hampir semua distro populer menyediakan versi 32 bit maupun 64 bit. 


E.Kesimpulan

      Linux adalah sebuah software/os yang dapat di unduh ataupun disebar luaskan secara gratis dan open source

F.Referensi

https://maulanashio23.blogspot.com/2016/12/pengertian-linux-adalah-nama-yang_25.html

0 Response to "LINUX | APA ITU LINUX ?"

Post a Comment