PAMFLET | APA ITU PAMFLET?



Assalamualaikum wr.wb 

Hallo guys,ketemu lagi dengan saya,kali ini saya akan membahas tentang apa itu pamflet.

A.Pengertian 
Pamflet adalah sebuah tulisan yang berisi tentang suatu informasi yang terdiri dari tulisan termasuk gambar didalamnya yang umumnya dibuat pada selebaran dan tidak dijilid atau dibukukan.

B.Latar Belakang
Pamflet umumnya digunakan sebagai media promosi bagi beberapa perusahaan untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat. Banyak yang menggunakannya sebagai sarana promosi karena selain menghemat pengeluaran juga mudah dibuat, hanya memerlukan keterampilan berbahasa yang baik serta menarik.

C.Tujuan
Tujuan dari pamflet sendiri berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, tergantung pamflet jenis apa yang dibuat. Misalnya Pamflet tentang promosi, maka memiliki tujuan untuk memberikan informasi mengenaiproduk, berbeda dengan pamflet tentang agama, biasanya berisi tentang ilmu-ilmu agama.

D.Pembahasan
Pamflet adalah tulisan yang dapat disertai dengan gambar atau tidak, tanpa penyampulan maupun penjilidan, yang dicantumkan pada selembar kertas di satu sisi atau kedua sisinya, lalu dilipat atau dipotong setengah, sepertiga, atau bahkan seperempatnya, sehingga terlihat lebih kecil (dapat juga disebut selebaran).
Ciri-Ciri Pamflet
Pamflet memiliki beberapa ciri yaitu sebagai berikut:
  1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas
  2. Bersifat persuasif, artinya berisi ajakan untuk membeli produk atau mentaati sesuaut
  3. Ditulis dengan jelas supaya mudah dibaca
  4. Hal-hal yang disampaikan biasanya mengenai hal-hal baru atau terupdate.
Nah itu dia ciri-ciri pamflet, selanjutnya kita lihat pembagian pamflet itu sendiri.
Jenis-Jenis Pamflet dan Contohnya
Berikut ini beberapa jenis pamflet:
  1. Pamflet Politik, berisi mengenai hal-hal yang berbau politik seperti ajakan untuk memilih calon-calon pemimpin dan lainnya.
  2. Pamflet Pendidikan, berisi tentang informasi-informasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan seperti contohnya acara seminar, lomba-lomba akademik dan lainnya.
  3. Pamflet Niaga, berisi mengenai informasi mengenai produk-produk, disertai dengan kalimat ajakan untuk membeli produk tersebut.
  4. Pamflet kegiatan, berisi tentang berbagai acara atau kegiatan seperti misalnya seminar, pentas seni dan lainnya.
E.Kesimpulan
Jadi pamflet adalah sebuah media informasi yang terdiri dari tulisan maupun gambar dan dibuat pada selebaran dan tidak dijilid atau dibukukan.

F.Referensi  
-http://www.informasibelajar.com/pengertian-pamflet-ciri-ciri-jenis-beserta-contohnya/

0 Response to "PAMFLET | APA ITU PAMFLET?"

Post a Comment